Siapa yang bertanggung jawab dalam penerapan IT ?

September 4, 2008 at 7:41 am 11 komentar

Teknologi Informasi merupakan suatu istilah dan mempunyai arti cukup luas. Secara umum, teknologi informasi adalah pemanfaatan teknologi untuk menghasilkan informasi, mengelola dan menyimpan informasi, mentransfer dari suatu bentuk ke bentuk yang lain, memindahkan dari suatu tempat ke ke tempat yang lain, atau bahkan mengolah informasi tersebut sehingga menjadi lebih mudah untuk digunakan oleh pemakainya.

Komponen-komponen yang diperlukan untuk membangun suatu teknologi informasi adalah teknologi sistem komputasi dan teknologi sistem komunikasi. Sistem komputasi berperan penting dalam mengolah sinyal-sinyal informasi tersebut sehingga dapat menghasilkan bentuk informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Sistem komunikasi berperan dalam hal mentransfer sinyal-sinyal informasi dari suatu tempat ke tempat lain. Dengan semakin mengarahnya sistem komputasi menjadi networked computing, maka pembahasan komponen sistem komunikasi dalam teknologi informasi menjadi satu dengan komponen sistem komputasi.

Didalam dunia komputasi, komponen-komponen yang menyusun suatu sistem terdiri dari tiga unsur yaitu unsur perangkat keras (hardware), unsur perangkat lunak (software) dan User (brainware). Ketiga unsur tersebut tidak dapat berdiri sendiri dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.

Banyak cara untuk dapat mengetahui dan membuktikan tentang belum optimalnya penggunaan teknologi informasi di dalam sebuah perusahaan baik perusahaan pemerintahan maupun swasta. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan perbandingan dengan perusahaan sejenis (benchmarking) atau belajar dari perusahaan yang dianggap sebagai terbaik dalam menerapkan teknologi informasi pada industri serupa (best practices).

Untuk meningkatkan kinerja dalam penerapan Teknologi informasi sebalumnya tentukan sebuah konsep pengukuran kinerja teknologi informasi yang dapat menjadi panduan/ patokan dalam menentukan apakah dari hari ke hari terjadi peningkatan dalam optimalisasi penggunaan teknologi informasi di berbagai proses dan fungsi terkait dengan bisnis perusahaan anda. Misalnya adalah dengan menggunakan konsep semacam IT Balanced-Scorecard atau IS Maturity Model (seperti COBIT = Control Objectives for Information and Related Technology). Karena ada pepatah mengatakan “something that cannot be measured, cannot be controlled”, dan “something that cannot be controlled, cannot be managed”. Jadi seharusnya memiliki ukuran untuk mengukur kinerja teknologi informasi.

Agar penerapan teknologi informasi di perusahaan baik negeri maupun swasta dapat berhasil, dalam arti kata penggunaan komputer dan aplikasinya dapat mendukung keberhasilan teknologi informasi, maka harus dapat menemukan konteks yang tepat di dalam mengkaitkan berbagai inisiatif proyek pengembangan dan implementasi teknologi informasi dengan obyektif (yang merupakan ukuran dari penurunan visi dan misi perusahaan).

Hal ini perlu dilakukan karena banyak sekali perusahaan di Indonesia yang gagal dalam menerapkan teknologi informasi karena penerapannya hanya didasarkan oleh sikap latah atau mengikuti trend semata (me too strategy). Perlu diingat bahwa setiap perusahaan adalah unik (tidak ada perusahaan yang identik, walaupun dalam bisnis dan industri sejenis), sehingga kebutuhannya akan teknologi informasi pasti berbeda-beda, dan bergantung pada strategi bisnis yang diterapkan.

Persoalan teknologi informasi bukan hanya merupakan orang-orang EDP/Electronic Data Processing (jika hal ini terjadi, berarti kita mundur 40 tahun ke belakang) tetapi merupakan persoalan segenap personel dari manajemen puncak sampai dengan level staf. Alasannya adalah karena “informasi” telah menjadi sebuah faktor produksi penting yang bersifat krusial bagi perusahaan, sehingga merupakan sebuah entiti yang bernilai strategis – sebagaimana layaknya fungsi darah di dalam tubuh manusia yang mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh (teknologi informasi bertugas mendistribusikan knowledge ke seluruh entiti perusahaan yang membutuhkan).

Agar manfaat optimal dapat diperoleh oleh perusahaan anda, ada baiknya segenap manajemen kunci perusahaan berkumpul untuk meredefinisikan kembali fungsi dan peranan strategis teknologi informasi bagi perusahaan, tentu saja setelah mereka yang bersangkutan memahami berbagai fenomena baru di dalam dunia bisnis akibat kehadiran teknologi informasi.

Entry filed under: Informasi. Tags: .

Mau .. BACKUP DOKUMEN ….. GRATIS ?

11 Komentar Add your own

  • 1. cenya95  |  September 8, 2008 pukul 6:45 am

    Saya pikir setiap perusahaan harus memiliki tim IT yang solid dan kerjanya hanya menangani IT. Bila IT ditangani outsider akan berbahaya (menyangkut keamanan dan rahasia perusahaan) dan dapat dipermainkan dalam perawatan dan pengembangan IT. Tidak dapat dibayangkan apabila outsider telah selesai kontraknya atau kalah tender di tahun berikut….. ich… ngeri… (banyak kebocoran)
    mudah-mudah tidak terjadi di perusahaan ibu.
    aamiiin.
    salam

    Balas
  • 2. endangharyanti  |  September 8, 2008 pukul 7:07 am

    setuju

    Balas
  • 3. proglap  |  September 12, 2008 pukul 2:32 am

    Selamat atas prestasi yang dicapai sebagai Blogger Terbaik di lingkungan Badiklat Dephan.
    Hadiah dapat diambil di http://proglap.wordpress.com atau http://cenya95.wordpress.com
    Pengambilan Hadiah sampai akhir September 2008.
    salam

    Balas
  • 4. cenya95  |  September 26, 2008 pukul 12:58 am

    Allahu Akbar 3x Walillahhilhamd
    Taqobballahuminna waminkum Taqobbal ya karim.
    Selamat Iedul Fitri 1249 H.
    Mohon maaf lahir dan bathin.
    Semoga sukses

    Balas
  • 5. kaka | acepsilet  |  Oktober 5, 2008 pukul 10:09 am

    Saya setuju dengan yang komen pertama,yaitu yang kerja di bidang IT harus lah orang berkompeten.TIDAK JERAWATAN siga abdi ! ( nyambung teu sih ???)

    Balas
  • 6. emmatrg  |  November 26, 2008 pukul 3:17 pm

    untuk mencapai hal itu berarti tiap perusahaan atau perkantoran harus memiliki tim IT yg mumpuni dlm bidangnya. jika blm memiliki sebaiknya diberi pelatihan. pada saat pelatihan2 yg baru sebaiknya orang yang ditunjuk itu tidak diganti-ganti lg d orang yang baru. harus konsisten, sehingga ilmu yg diterimanya benar2 dari a-z, tidak setengah2 dan dapat diaplikasikan dengan baik sesuai tugasnya sbg penanggung jawab IT. IT….. ok buanget..he..he..

    Balas
  • 7. Alumni Diklatpim III  |  Desember 1, 2008 pukul 12:58 am

    IT sudah tanggung jawab setiap orang

    Balas
  • 8. cenya95  |  Desember 18, 2008 pukul 10:10 am

    ada sesuatu di sini
    kunjungilah dan ambil award

    Balas
  • 9. Hmmm… Award berPR… « FAITES COMME CHEZ VOUS  |  Juni 22, 2009 pukul 5:11 pm

    […] End-har – yang bermotto tak ada kata terlambat untuk […]

    Balas
  • 10. cenya95  |  September 6, 2010 pukul 2:51 am

    Faith makes all things possible.
    Hope makes all things work.
    Love makes all things beautiful.
    May you have all of the three.
    Happy Iedul Fitri.

    Balas
  • 11. Riky Reinaldo  |  Desember 30, 2010 pukul 9:06 am

    Bagi saya, pihak atau individu yang memegang IT di dlm perusahaan tergantung dari permintaan perusahaan itu sendiri. Kadang ada perusahaan yg tidak mau repot dgn urusan gajih, dll. Sehingga meminta kepada pihak IT outsourcing/outsider utk mengatur IT dlm perusahaannya. Biasanya ini terjadi pada perusahaan-perusahaan besar. Dan trend IT kedepannya, perusahaan-perusahaan akan memakai tenaga IT outsourcing. Mengenai privasi perusahaan, sebelum terikat kontrak kerja sama pasti ada perjanjian yg tdk boleh dilanggar antara masing-masing pihak. Terima kasih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

September 2008
S S R K J S M
« Agu    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

PING BOX

Blog Stats

  • 29,952 hits

%d blogger menyukai ini: